Tips Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Sunday, February 16, 2014

Tips Menjaga Kesehatan Setelah Menopause

Tips Menjaga Kesehatan Setelah Menopause - Ketika memasuki masa menopause (Berhentinya siklus Menstruasi) , biasanya wanita mulai merasa banyak keluhan kesehatan . Seperti sakit kepala , sulit tidur di malam hari , perubahan suasana hati , lelah, dll . Tapi , ternyata tidak hanya dengan obat saja hal itu bisa diatasi . Percaya atau tidak , ternyata olahraga dapat membantu mengurangi keluhan yang dirasakan wanita setelah menopause .

Tips Menjaga Kesehatan Setelah Menopause
Oleh karena itu , terutama perempuan pasca - menopause harus tetap melakukan olahraga . Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa adalah latihan yang tepat untuk wanita menopause serta tips untuk latihan bisa dilihat dalam artikel ini, yang admin Lintas Infoku kutip dari mayoclinic.org dan medicastore.com .

Mengapa masih harus berolahraga selama menopause?
Menopause adalah tahap transisi dalam kehidupan seorang wanita . Pada periode ini mulai penurunan hormon wanita yang mempengaruhi tubuh dan juga kondisi mentalnya . Keluhan seperti kelelahan , sulit tidur di malam hari dan perubahan suasana hati sering dialami . Belum lagi peningkatan risiko untuk penyakit seperti osteoporosis dan serangan jantung . Itulah mengapa menjaga kesehatan selama menopause , penting untuk dilakukan , termasuk aktivitas fisik atau olahraga secara teratur .
Berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur saat menopause :

Mencegah berat badan
Wanita cenderung kehilangan massa otot dan meningkatkan lemak perut selama menopause . Oleh karena itu, sedikit peningkatan dalam aktivitas fisik atau olahraga ringan dapat membantu mencegah penambahan berat badan .

Mengurangi resiko kanker payudara
Aktivitas fisik atau olahraga saat dan setelah menopause dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan atau mempertahankan berat badan dalam kisaran yang sehat . Hal ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kanker payudara .

Memperkuat tulang
Aktivitas fisik atau olahraga dapat memperlambat kehilangan massa tulang setelah menopause , sehingga mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.

Mengurangi resiko penyakit lain
Kenaikan berat badan selama menopause dapat menyebabkan konsekuensi serius bagi kesehatan . Kelebihan berat badan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 juga. Aktivitas fisik atau olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit.

Memperbaiki suasana hati
Aktivitas fisik atau olahraga dapat meningkatkan kesehatan psikologis serta mood yang memburuk .

Aktivitas fisik atau olahraga itu sendiri bukan merupakan pengobatan untuk gejala menopause . Wanita yang mengalami hot flushes ( serangan hot flashes ) atau gangguan tidur di malam hari masih perlu memeriksa kondisi dokter . Namun, untuk beberapa wanita , aktivitas fisik atau olahraga teratur bisa benar-benar membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas hidup .

Berapa lama harus berolahraga ?


  1. Bagi wanita yang sehat , disarankan untuk berolahraga baik kegiatan pelatihan aerobik dan kekuatan sebagai Berikut:
  2. Setidaknya 150 menit latihan aerobik moderat atau 75 menit latihan aerobik yang kuat per minggu . Lebih baik lagi , jika tidak dilakukan sekaligus tetapi dibagi menjadi beberapa sesi sepanjang minggu .
  3. Kekuatan pelatihan minimal 2 kali seminggu
  4. Untuk motivasi ditambahkan , membuat target yang realistis dan dilakukan . Seperti mencoba untuk melakukan kegiatan rutin berjalan 30 menit setiap hari daripada delay dan berencana untuk melakukan lagi pada akhir pekan . Kemudian secara berkala , menambahkan target lain . Melakukan latihan dengan orang lain juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk berolahraga .


Apa jenis olahraga yang baik untuk dilakukan ?
Ketika keinginan yang ada untuk berolahraga , sekarang tinggal memilih jenis olahraga apa yang akan dilakukan . Berikut adalah beberapa pilihan yang baik dari olahraga yang harus dilakukan, yaitu:

Kegiatan Aerobik
Aktivitas aerobik adalah landasan untuk program kebugaran yang paling . Coba jalan cepat , berlari, bersepeda , berenang atau olahraga air lainnya . Setiap aktivitas fisik yang menggunakan sebagian besar otot-otot dan meningkatkan denyut jantung termasuk dalam aktivitas aerobik . Jika diklasifikasikan sebagai pemula , mulailah dengan melakukan aktfitas fisik ringan selama 10 menit setiap hari , dan kemudian meningkat secara bertahap , baik intensitas dan durasi waktu .

Latihan daya
Pelatihan kekuatan teratur dapat membantu mengurangi lemak tubuh , memperkuat otot dan juga membakar kalori lebih efisien . Kekuatan pelatihan dapat dilakukan dengan menggunakan bobot mesin , dumbbells , atau lengan pegas . Pilih beban yang sesuai dengan berat yang dapat menyebabkan kelelahan pada otot setelah melakukan repetisi 12 kali . Secara bertahap , meningkatkan tingkat resistensi seiring dengan meningkatnya kekuatan tubuh menerima beban .

Peregangan
Latihan peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas . Luangkan waktu untuk melakukan latihan peregangan setelah setiap latihan . Pada saat otot masih panas setelah berolahraga , otot-otot akan begitu mudah untuk meregang .

Latihan stabilitas dan keseimbangan
Latihan keseimbangan dapat meningkatkan stabilitas sehingga dapat mencegah jatuh . Cobalah latihan keseimbangan sederhana , seperti berjalan miring . Selain latihan Tai Chi juga dapat membantu melatih keseimbangan tubuh .

Yang perlu diingat adalah bahwa olahraga tidak perlu dilakukan di pusat kebugaran ( gym ) . Banyak kegiatan fisik lainnya seperti berkebun , menari atau kegiatan lain pada halaman yang juga membantu meningkatkan kesehatan . Kemudian , setiap aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan , pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelumnya dan pendinginan sesudahnya .

Tips Menjaga Kesehatan Setelah Menopause Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi wahyono

0 komentar:

Post a Comment