Tips Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Saturday, February 15, 2014

Pentingnya Minum Air Putih Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Pentingnya Minum Air Putih Untuk Kehidupan Sehari-Hari - Air adalah nutrisi makro ( dibutuhkan dalam jumlah besar ) yang penting bagi sistem tubuh namun kebutuhan ini sering dilupakan. Di dalam tubuh, air berguna sebagai partikel pelarut termasuk nutrisi , yang dapat dimanfaatkan oleh sel-sel dan jaringan tubuh . Selain itu, air juga berguna untuk melembabkan mulut , mata dan hidung , melindungi organ dan jaringan , mengatur suhu tubuh , pelumasan sendi, melarutkan sisa-sisa metabolisme dan membawa nutrisi dan oksigen ke sel .

Pentingnya Minum Air Putih Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Tentang berapa banyak asupan air setiap orang membutuhkan dalam sehari dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin , aktivitas fisik yang dilakukan , kondisi spesifik yang dialami ( hamil , menyusui , nyeri ) serta faktor lingkungan . Dalam pedoman umum disarankan untuk gizi seimbang setiap orang dewasa untuk mengkonsumsi setidaknya 2 liter air / 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga kesehatan . Namun, wanita hamil dan menyusui asupan air yang dibutuhkan menjadi lebih dan lebih ditambahkan 400 ml / hari untuk wanita hamil dan 800 ml / hari untuk ibu menyusui . Demikian pula , untuk bayi dan anak-anak membutuhkan lebih banyak air untuk setiap kg berat badan bila dibandingkan dengan orang dewasa , karena rasio luas permukaan dengan berat badan daripada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa fungsi konsentrasi urin oleh ginjal tidak sempurna dan frekuensi napas anak lebih cepat .
Pada saat seseorang merasa haus sebenarnya merupakan gejala dehidrasi terjadi ( kehilangan cairan tubuh ) , oleh karena itu disarankan untuk minum air secara teratur setiap saat dan jangan menunggu sampai Anda merasa haus sehingga cairan tubuh tetap terjaga. Fakta menunjukkan bahwa tubuh mengalami dehidrasi sebesar 1% dapat menyebabkan rasa haus dan gangguan mood dalam diri seseorang . Dan jika cairan tubuh yang hilang sebanyak 2 % sudah mengakibatkan gangguan memori / kehilangan fokus pikiran , sedangkan bila 4 % dapat menyebabkan penurunan kemampuan fisik sebanyak 25 % dan bahkan ketika tubuh kehilangan cairan sebanyak 7 % dapat menyebabkan seseorang pingsan .

Meskipun cairan yang dikonsumsi bisa apa saja seperti susu , teh , jus buah atau minuman dengan rasa tertentu , tetapi itu masih dianjurkan untuk meningkatkan air putih sendiri . Hal ini karena air mengandung 0% kalori , sehingga tidak meningkatkan asupan kalori tubuh serta tidak meningkatkan risiko untuk mengembangkan diabetes dibandingkan dengan selalu mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung gula . Penambahan air juga dapat membantu meringankan kerja ginjal untuk menyaring cairan tubuh .
Jadi harus diingat bahwa air termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh , jangan meremehkan kebutuhan untuk secara teratur minum cukup air setiap kali . Ayo , merangsang gerakan untuk minum cukup air setiap hari.

Pentingnya Minum Air Putih Untuk Kehidupan Sehari-Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment