Tips Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Thursday, January 9, 2014

Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia - Hampir bisa dipastikan setiap orang pernah mengalami sulit tidur atau insomnia. Tapi jika insomnia yang terjadi terlalu sering, maka ini bisa menjadi masalah. Dan Anda pasti mencari cara untuk menyingkirkan itu. Insomnia jelas sangat mengganggu. Mengalami insomnia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena badan yang tidak fit karena kurang tidur. Selain menyebabkan frustrasi dan kelelahan, insomnia dapat dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia

Berikut adalah beberapa penyebab insomnia.

Stres
Insomnia umumnya terjadi ketika seseorang mengalami stres. Stres bahkan dapat menyebabkan insomnia kronis sehingga kembali ke pola tidur yang sehat mungkin sulit. Beberapa orang dengan kondisi ini merasa cemas apakah mereka akan dapat tertidur. Hal ini dapat memperburuk insomnia karena orang tersebut terkena kekhawatiran mengenai apakah bisa atau tidak mereka untuk tertidur.

Masalah kesehatan
Masalah kesehatan sering mengganggu pola tidur. Orang-orang dengan radang sendi, misalnya, mungkin mengalami insomnia karena rasa sakit membuat mereka tidak dapat tertidur. Masalah jantung atau masalah pernapasan juga membuat penderita tidak bisa tidur nyenyak. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan kegelisahan dan sulit tidur. Wanita saat menopause juga bisa mengalami insomnia.

Obat dan Alk0hol
Obat-obatan dan alk0hol memiliki potensi untuk memicu insomnia. Penyalahgunaan obat juga dapat menyebabkan gangguan tidur. Namun, tidak hanya obat-obatan terlarang yang menyebabkan masalah tidur, obat yang diresepkan, seperti beta-bl0cker juga dapat menyebabkan tidur terganggu.

Gangguan lain
Insomnia bisa terjadi karena pasangan Anda mendengkur terlalu keras atau setelah bekerja shift malam. Kerja malam akan menyebabkan gangguan pada jam tubuh secara alami. Selain itu, insomnia jangka pendek dapat disebabkan oleh jet lag. Terakhir, suasana kamar tidur yang tidak nyaman (terlalu dingin atau panas) berpotensi juga memicu insomnia

Cara menghilangkan insomnia

Pengobatan pada pasien dengan insomnia biasanya menggunakan obat-obatan. Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan maka ada baiknya untuk mencoba beberapa tips ini untuk mengobati insomnia tanpa ketergantungan pada obat-obatan.

1. Gunakan Terapi musik dengan Brain Wave.
Dengarkan musik yang dibuat khusus untuk otak untuk membuat gelombang beta bisa sangat membantu untuk membuat kita tidur nyenyak. Untuk pengguna platform Android smartphone, Apple, dan banyak lainnya menyediakan formulir aplikasi gratis musik ke otak (Brain Wave).
musik yang memancarkan gelombang energi yang dapat merangsang otak,untuk mendapatkan mp3 banyak tersedia di internet,dengarkan dengan menggunakan headset untuk hasil yang maksimal.

2. Buatlah tempat tidur Anda senyaman mungkin
Tempat tidur yang nyaman akan berdampak pada tubuh untuk melepaskan kelelahan dapat lebih santai. Ketika tubuh rileks akan lebih mudah bagi Anda untuk tidur. Buatlah tempat tidur Anda sebagai tempat pelepas lelah, pencahayaan redup, lalu isi dengan terapi aroma segar.

3. Meditasi dan Pernapasan Latihan
Meditasi telah dikenal dari manfaat pertama yang membuat tubuh menjadi rileks. Keseimbangan latihan meditasi pernapasan dengan halus dan tenang. Saat melakukan meditasi, cobalah untuk melupakan semua masalah, mengembalikan semua beban kehidupan. Fokuskan pikiran Anda hanya pada satu titik dalam pikiran Anda, dan bayangkan Anda berada di tempat yang paling Anda sukai dan sangat tenang. Tanpa Anda sadari, dalam beberapa menit Anda akan jatuh tertidur.

4. Hindari makan berlebihan dan minum sebelum tidur
Makan berlebihan atau terlalu penuh sebelum tidur akan membuat perut tidak nyaman dan akhirnya membuat resah dan gangguan tidur. Demikian pula, terlalu banyak minum, dapat membuat Anda ingin buang air kecil ketika mencoba untuk tidur, bisa jadi saat musim dingin baru tidur harus dibangunkan untuk pergi ke kamar mandi.

5. Hindari kegiatan di tempat tidur
Tempat tidur seharusnya hanya digunakan untuk tidur. Jika kegiatan di tempat tidur akan berdampak pada hilangnya suasana tempat tidur sebagai tempat beristirahat. Perasaan dapat mengganggu pola pikir otak yang biasanya diprogram untuk mengatuk saat tubuh berada di tempat tidur jadi tidak mengantuk lagi karena kebiasaan aktivitas di tempat tidur.

6. Berolahraga yang Teratur
Ternyata beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat dapat membuat Anda melawan strees menyebabkan insomnia. Olahraga bagi penderita insomnia harus dilakukan pada pagi hari.

7. Jauhi kafein setelah pukul 14:00 sore.
Yang mengandung kafein minuman seperti minuman ringan, minuman energi, kopi, dan teh. Dibutuhkan beberapa jam untuk efek kafein hilang dari tubuh. Kafein masih tertanam dalam tubuh akan membuat Anda sulit tidur.

8. Hindari situasi stres di malam hari.
Bagi kebanyakan orang, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mulailah membuat perubahan gaya hidup dan meluangkan waktu untuk merencanakan agenda harian Anda sehingga potensi stres berkurang dan tugas-tugas dapat diselesaikan lebih awal. Tugas cepat selesai maka Anda memiliki lebih banyak untuk beristirahat. Salah satu cara terbaik untuk mengobati insomnia adalah pergi ke tempat tidur dengan pikiran yang tenang dan jernih.

9. Pergi tidur lebih awal
Ini mungkin terdengar kontradiktif bagi seseorang yang memiliki insomnia yang menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur. Pergi ke tempat tidur 30 menit lebih awal dari biasanya dan mengambil sebuah buku untuk dibaca akan baik untuk Anda. Ambil 30 menit untuk membaca dan mengistirahatkan pikiran Anda. Jangan bekerja dengan laptop atau membetulkan laporan kerja.

Makanan Yang Membantu Untuk Menyingkirkan Insomnia

1. minum Susu
Segelas susu, hangat atau dingin, diminum sebelum tidur dianjurkan bagi mereka yang menderita insomnia. Susu mengandung kalsium yang memberikan efek menenangkan. Susu juga mengandung triptofan, neurotransmitter untuk membantu Anda tidur dan mengendurkan otot-otot.

2. makan Pisang
Pisang juga mengandung triptofan yang merupakan prekursor alami untuk serotonin. Selain itu, pisang mengandung kalium, natrium dan magnesium yang juga memiliki efek menenangkan. Pisang adalah camilan yang baik untuk membantu Anda mendapatkan tidur.

3. mengkonsumsi gandum
Gandum kaya akan protein, yang juga dapat membantu insomnia. Gandum juga memiliki mineral kalsium dan magnesium, yang menenangkan saraf. Diyakini bahwa makan gandum dapat menyebabkan relaksasi dan mempercepat tidur.

4.Makan beberapa batang seledri
Seledri dapat membuat Anda mengantuk. Seledri mengandung zat yang menenangkan, sehingga menekan saraf sinyal untuk segera tidur

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi Wahyono

2 komentar:

  1. mampir sob, jangan lupa mampir juga ya di sini: www.ahliseo.com

    ReplyDelete
  2. mantaap gan infonya :)
    kunjungi juga gan :)
    http://angga-android.blogspot.com/
    http://angga-android.blogspot.com/2014/06/cara-mengatasi-insomnia.html

    ReplyDelete