Tips Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Wednesday, January 8, 2014

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami


Anda kesal dengan munculnya stretch mark yang merusak kulit? Sebelum mencari cara untuk menyingkirkan itu, pelajari dulu bagaimana stretch marks terbentuk dan siapa saja yang bisa Terkena. Stretch mark adalah garis-garis putih muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya karena peregangan maksimal. Bila Anda sedang hamil, kulit membentang perut sangat besar dalam waktu cepat. Selain itu, glukokortikoid hormon juga mempengaruhi dermis (lapisan tengah kulit) untuk memproduksi kolagen dan serat elastis. Akhirnya, serat kehilangan elastisitasnya membuat kulit pecah bahkan lebih tipis.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami - Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya stretch mark seperti keturunan, hormon, nutrisi, dan hidrasi yang terjadi saat Anda sedang hamil. Pada hampir semua wanita yang sedang hamil, stretch mark tidak dapat dielakkan. Biasanya ini akan muncul saat 4-5 bulan kehamilan. Ini adalah hal yang wajar bagi seorang wanita hamil akan mengalami pembesaran perut sebagai tanda pertumbuhan janin dalam rahim. Sebenarnya, pada wanita hamil yang telah melahirkan, stretch mark akan memudar setelah melahirkan, tetapi secara umum tidak bisa hilang 100% karena terjadi robekan pada jaringan bawah kulit. Itulah sebabnya munculnya stretch mark menjadi sesuatu yang menakutkan bagi wanita hamil.

Penyebab Stretch Mark
Stretch mark biasanya disebabkan oleh pembesaran tubuh yang membuat kulit meregang. Hormon tertentu juga berperan dalam pembentukannya. Berikut adalah beberapa penyebab umum.

  1. Kehamilan: Selama kehamilan, dinding perut meregang untuk mengakomodasi pembesaran rahim. Stretch mark biasanya mulai terbentuk pada trimester kedua kehamilan pada sekitar 50% wanita hamil.
  2. Obesitas: Penyebab kenaikan berat badan akumulasi lemak berlebihan yang meregangkan kulit.
  3. Pubertas: Selama pubertas, ada peningkatan timbunan lemak dan luas permukaan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas hormon pertumbuhan. Sekitar 70% anak perempuan berusia 10-16 tahun yang terkena dampak, sementara hanya 40% pria muda berusia 14-20 tahun yang terkena.
  4. Binaraga: peregangan kulit yang disebabkan oleh pembesaran ukuran otot.
  5. Berat badan: peningkatan atau berat badan yang cepat.
  6. Lain-lain: semua kondisi yang menghambat sintesis kolagen di kulit.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

1. Rajin mengoleskan minyak zaitun, minyak biji bunga matahari dan pelembab non-allergenic setelah mandi.
2. Konsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin A, C dan E untuk menjaga kulit segar,
3. memenuhi kebutuhan protein terutama albumin yang cukup untuk kolagen kulit terjaga selama kehamilan. Contoh menu cukup banyak mengandung albumin dan telur lele putih. Buah-buahan segar untuk sumber vitamin alami seperti jeruk, stroberi, tomat dan sebagainya.
4. Air minum yang memadai perlu untuk menjaga kulit segar dan elastis.
5. Bagi wanita yang tidak hamil harus menghindari obesitas atau berat badan tiba-tiba dan meningkatkan gaya hidup sehat dengan mengatur kembali jadwal latihan fisik,
6. Perhatikan rajin mengkonsumsi makanan diet dan minuman yang mengandung vitamin A. C dan E.
7. Gunakan pelembab kulit yang aman pada tubuh. Sebisa mungkin tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung obat steroid dalam jangka panjang.
8. Tindakan lebih lanjut untuk mengatasi teknik strechmark dapat dilakukan dengan microdermabrasion, chemical peeling dan operasi laser oleh dokter kulit. Tapi ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, karena dapat membahayakan bayi yang belum lahir.

Pengobatan rumah Untuk Menyingkirkan Stretch Mark

Vitamin E
Pijat seluruh tubuh dengan minyak yang kaya akan vitamin E sebelum mandi. Jika Anda kehabisan minyak, separuh kapsul vitamin E dan menerapkan langsung ke kulit Anda. Kerjanya sama. Selain itu, makan makanan yang kaya vitamin E serta kacang kedelai, wortel, paprika merah atau kuning, tomat, dan oatmeal.

Susu dan putih telur
Selain vitamin E, susu dan putih telur juga memiliki khasiat untuk menyingkirkan stretch mark. Jika Anda tidak tahan bau putih telur, tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E, lavender, castor, atau almond, lalu oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dicuci. Kemudian, gosok cocoa butter lotion pada seluruh tubuh

kopi
Kopi bubuk juga bisa menjadi masker pengelupasan yang efektif. Caranya, giling biji kopi dan tambahkan beberapa butir gula. Campur dengan baby lotion dan gosok perlahan pada kulit yang terlihat stretch mark nya. Jangan menekannya, karena kulit bisa melepuh dibuatnya. Gunakan ramuan ini sekali seminggu selama 2-3 bulan.

Sayuran Hijau
Mengonsumsi sayuran hijau, dan menghindari rokok dan alkohol, juga mampu menyamarkan stretch marks. Rokok dan alkohol dapat menghapus penting pelembab tubuh, sehingga membuat stretch mark lebih terlihat dan di bawah. Selain itu, hindari berolahraga terlalu berat yang mengakibatkan berat badan drastis. Oleh karena itu, juga memicu munculnya stretch mark.

Air
Menjaga tubuh terhidrasi dengan mengonsumsi 8-10 gelas air per hari, untuk menjaga kulit tetap lentur.

Cara Mencegah Stretch Mark Selama kehamilan
Untuk mencegah atau meminimalkan stretch mark selama kehamilan, Anda dapat mencoba tips berikut:

Meningkatkan elastisitas kulit dari dalam tubuh
Hal ini dapat dilakukan dengan mengambil banyak vitamin dan mineral yang akan membuat kulit Anda menjadi elastis. Atau bisa juga dengan cara alami, Anda dapat memperbanyak konsumsi sayuran, minum air dan konsumsi buah.
Jaga kulit agar tetap lembab
Cara dengan mengoleskan lotion pada kulit Anda. Atau Anda juga dapat menggunakan anti-stretch mark krim khusus untuk wanita hamil. Krim ini biasanya memiliki kelembaban lebih dari krim biasa. Penggunaan krim ini harus dimulai sejak dini

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi wahyono

1 komentar:

  1. info nya menarik, perlu dicoba nih, eh iya gue juga nemu tips cegah stretchmark disini nih http://goo.gl/DN2iDi

    ReplyDelete