Tips Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Friday, April 19, 2013

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami - Sariawan adalah suatu kelainan berupa luka atau peradangan biasanya terjadi pada lapisan lendir di mulut yang disebabkan karena hal-hal tertentu.
Sariawan tersebut bisa muncul pada bagian mulut seperti lidah, gusi, pipi, atau langit-langit mulut.Pada umumnya berbentuk bundar berwarna putih hingga kekunging-kungingan dan biasanya sering kali disertai dengan rasa sakit yang cukup menyiksa.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami


Penyebab dari sariawanpun beragam seperti:

  • Infeksi Virus
  • Infeksi bakteri
  • Serangan Jamur.
  • Penyebab Non-infeksi
  • Kurangnya Asupan Nutrisi
  • Terganggunya Imunitas Tubuh
  • Alergi Terhadap Makanan (seperti cabai dan nanas) dan Penyebab Eksternal Lain

Ada beberapa penyebab dari luar tubuh yang juga bertanggung jawab atas munculnya sariawan. Beberapa penyebab sariawan yang paling umum adalah luka yang ditimbulkan akibat tergigit, pemasangan gigi palsu atau kawat gigi. Selain itu kondisi psikologi seseorang seperti stress juga bisa memperngaruhi timbulnya sariawan.

Cara Mengobati Sariawan


  • Berkumur dengan air hangat dan makan makanan yang lunak dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan.
  • Berkumur dengan obat kumur yang bersifat antimikroba juga dapat dilakukan untuk menghindarkan dari infeksi, jamur, virus dan bakteri yang menyebabkan sariawan sehingga proses penyembuhannya pun akan lebih cepat.
  • Guna mempercepat masa penyembuhan sariawan juga dapat mengkonsumsi vitamin C yang berperan dalam perbaikan jaringan.
  • Khusus untuk jenis sariawan yang berukuran besar, biasanya diobati dengan cara mengaplikasikan obat-obatan steroid. Obat-obatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah luka sariawan (lesi) agar tidak bertambah besar.
Jika Anda sudah mengalami sariawan. Apalagi memang penyakit sariawan hampir dipastikan pernah terjadi. Untuk mengobatinya, Anda bisa mencoba obat alami. Salah satu obat alami tersebut adalah daun sirih. Hal ini disebabkan oleh daun sirih yang memiliki kandungan antioksidan yang dapat membunuh kuman. Nah, caranya adalah seperti berikut ini:
  • Merebus terlebih dahulu daun sirih tersebut yang diberi sedikit garam, kemudian Anda bisa berkumur dengan air rebusan tersebut.
  • Anda bisa mengunyah langsung daun sirih tersebut.
Daun sirih namun tanpa tembakau bisa bermanfaat untuk mengatasi bukan hanya sariawan tetapi juga gusi berdarah dan bahkan masalah bau mulut. Selain dengan cara tersebut, Anda juga busa mengoleskan madu untuk melemaskan kulit kering akibat sariawan pada mulut.
Ya, penyakit sariawan adalah salah satu penyakit yang sering terjadi. Namun, asal ditangani dengan obat-obatan alami saja, penyakit ini bisa disembuhkan. Selain itu, dengan melakukan pencegahan maka paling tidak Anda tidak akan terlalu sering mengalami sariawan. Pencegahan-pencegahan yang telah disebutkan pun sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan merupakan bagian yang sering kita lakukan sehari-hari.


Adapun Cara Mencegah Sariawan adalah sebagai berikut:

Menjaga kebersihan mulut karena sariawan disebabkan oleh mulut yang tidak bersih sehingga bersarang kuman dan bakteri. Penyakit sariawan pun adalah penyakit sistemik, oleh karena itu menjaga kebersihan mulut adalah caranya untuk meminimalisir penyakit tersebut.
  • Jika Anda bisa mengidap sariawan karena alergi terhadap suatu makanan tertentu maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman penyebab alergi tersebut.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan lain serta makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin B12 untuk menghindari penyakit sariawan.
  • Pada faktanya stres dapat memicu sariawan, oleh karena itu sebaiknya hindari stres berlebihan.
  • Hindari trauma pada rongga mulut dengan menyikat gigi dengan cara yang benar bukan keras agar tidak timbul trauma. Selain itu, jika bisa hindari agar mulut tidak tergigit.
  • Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

    4 komentar:

    1. saya langganan sariawan gan, hampir 2 minggu sekali :( kenapa ya ??
      Tapi thanks infonya saya mau nyoba yang pakai daun sirih semoga aja cepat sembuh

      ReplyDelete
    2. Terimakasih atas informasi yang saudara berikan semoga dapat bermanfaat bagi sesama,amin, salam sehat

      ReplyDelete
    3. Saya sangat setuju dengan penjelasan diatas. Memang sariawan dapat menyebabkan nafsu makan menurun dan susah berbicara. Apalagi kalau setiap bulan menderita sariawan yang tidak kunjung sembuh. Ada cara ampuh mencegan bahkan mengobati sakit sariawan secara alami. Caranya yaitu ambillah segelas air bersih tambahkan 3 sendok teh garam. Aduk sampai larut kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.Lakukan setiap malam setelah gosok gigi.
      Selamat Mencoba............ :)

      "Miliki Wajah Cantik Dan Bening Sepanjang Hari"
      www.grosirkecantikanwajah.com

      ReplyDelete