Tips Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Saturday, April 20, 2013

8 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

8 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami 

8 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami


8 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami - Uban merupakan rambut yang berwarna putih dan pada umumnya muncul pada orang yang sudah berumur,tetapi pada jaman sekarang tidak jarang pula uban muncul pada anak muda.
jangan heran jika anda masih muda tetapi sudah beruban karena banyak faktor penyebab yang timbulnya uban,seperti diantaranya:


Faktor Usia
memang tidak bisa ditolak,maka jangan menunjukkan sikap denial bila Anda mengalaminya. Siklus pertumbuhan rambut terjadi setiap 3-6 tahun, kata Paradi Mirmirani, MD, seorang ahli dermatologi di Vallejo, CA. Ketika rambut Anda tumbuh dalam setiap siklus, cenderung semakin ada yang salah dengan pigmennya. Sebagian orang bisa saja melalui tujuh atau delapan siklus sebelum mereka mengamati ada uban yang muncul. Menurut Mirmirani, pasiennya kebanyakan sudah mulai beruban di usia 30-an, namun ada juga yang sudah beruban di usia 8 atau 9 tahun! Nah, keuntungannya, meskipun uban merupakan salah satu tanda penuaan, Anda masih bisa menutupinya dengan mengecat rambut.


Genetik.
Fenomena tubuh Anda sebagian Anda dapatkan dari orangtua, termasuk dalam hal warna rambut. Jika salah satu dari orangtua Anda cepat beruban, maka Anda pun cenderung mengalami hal yang sama. Faktor genetik memang memegang peran penting mengenai kapan Anda akan kehilangan pigmen. “Kalau kedua orangtua Anda mendapatkan uban secara prematur, maka Anda pun bisa lebih cepat beruban daripada teman-teman (seusia) Anda,” papar Carolyn Jacob, MD, ahli bedah kosmetik dan dermatologis di Chicago. Dan, orang yang rambutnya hitam legam cenderung lebih cepat beruban daripada yang warna rambutnya kecoklatan atau pirang.

Merokok.
beberapa studi observasi dalam skala kecil menemukan hubungan antara merokok dan tumbuhnya uban, demikian menurut Mirmirani. Penyebabnya kemungkinan adalah radikal bebas yang diproduksi ketika seseorang merokok. Seperti kita tahu, asap rokok juga bisa menyebabkan tumbuhnya keriput dan gigi yang menguning. “Begitu banyak pengaruh membahayakan dari merokok, saya yakin uban juga salah satu di antaranya,” katanya.

Stres.
Stres yang dialami dari hari ke hari mungkin tidak mempengaruhi warna rambut Anda, tetapi rasa gelisah atau tegang yang sangat kuat bisa menyebabkannya. Belum ada penjelasan dari ilmu pasti mengenai hal ini, namun Mirmirani mengatakan bahwa peristiwa besar yang stressful bisa memberikan pengaruh fisiologis. Hal ini kemudian bisa saja menimbulkan perubahan dalam pigmentasi dan siklus rambut.

Kondisi medis.
Kasusnya mungkin terbilang jarang, namun kondisi metabolik tertentu, kekurangan beberapa zat nutrisi, dan kelainan genetik juga bisa menyebabkan rambut beruban. Selain itu juga ada beberapa pengobatan kemoterapi untuk pasien kanker yang dapat mempengaruhi mekanisme pembuatan pigmen. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Setelah pengobatan usai, rambut Anda akan kembali ke warna aslinya.


Lalu bagaimana Cara Menghilangkan Uban Secara Alami ?
untuk menghilangkan uban secara alami anda bisa menggunakan tips berikut:


1.Minyak Kelapa
Mengusapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

2.Minyak Kemiri
Mengusapkan minyak kemiri pada rambut, caranya sangrai kemiri lalu tumbuk hingga mengeluarkan minyak, usapkan pada rambut dan diamkan 15 menit, Setelah itu bilas hingga bersih dan keramas.


3.Yogurt Pahit
Campurkan satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. Setelah itu oleskan dengan halus ke kulit kepala dan rambut. Kemudian cuci dengan air hangan dan sampo setelah 1 jam. Lakukan hal ini setiap minggu dan akan mendapat hasil yang baik. Selain menghilangkan uban, campuran ini bisa membuat rambut anda lebih bersinar dan mencegah ketombe. Selain itu lada hitam membuat rambut anda lebih hitam dan kopi bisa mempertahankan warna rambut anda.

4.Mengusap Rambut Dengan Kuku
Cara yang terbilang tidak masuk akal. Tapi suku indian dan ahli obat-obatan Ayurveda melakukan hal ini. Lipat kedua telapak tangan anda kedalam dan dekatkan sisi kuku satu dengan yang lain. Gerakan yang cepat dan berulang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kepala dan membuat akar rambut lebih kuat, yang mana bisa mempertahankan warna hitam rambut. Namun cara ini butuh waktu lama untuk memperlihatkan hasil , yaitu sekitar setengah tahun.

5.Mengoleskan Jus Labu
Campuran jus labu dan minyak wijen atau minyak zaitun dapat membantu rambut lebih sehat, berkilau dan tebal, selain itu bisa mencegah rambut beruban.
Menggunakan daun teh. Saring teh, dan campur daun teh dengan satu sendoh teh garam. Letakkan pada kepala dan rambut selama satu jam dan kemudian cuci dengan air. Lakukan setiap hari selama 10 hari maka rambut anda akan terbebas dari uban.

6.Makan-Makanan Mengandung Protein
Tambah asupan protein melalui gandum,kacang, daging, ikan dan ayam. Vitamin A dan B serta mineral besi dan seng sangat berguna melawan uban. Sementara kembang kol, kubis, Yogurt, hati, daging sapi dan almond memberikan gizi yang diperlukan rambut. Mengkonsumsi protein membuat tekstur rambut kembali bersinar, alami dengan baik dan dapat mengembalikan pigmen dan menghilangkan uban.
Cara menghilangkan uban selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa : Minyak Kelapa adalah tonik rambut tradisional di berbagai belahan dunia. Sudah terbukti dari banyak orang kalau minyak kelapa dapat membebaskan kepala dari uban.

7.Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Tembaga
Kepiting, Kerang dan biji bunga matahari mengandung tembaga yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Kekurangan tembaga membuat produksi melanin menurun dan menyebabkan uban muncul. Dengan lebih banyak melanin yang terproduksi akan menghilangkan uban.
Cara lainnya adalah dengan menggunakan teh yang pekat dan tambahkan satu sendok garam kedalam teh tersebut. Tuangkan rata ke rambut sambil memijat kulit kepala. Biarkan satu jam, lalu bilas saja dengan air dingin dan jangan keramas, sebab khasiatnya akan hilang.

8.Mewarnai Rambut
Cara terakhir jika uban anda sudah sangat menganggu kehidupan sehari-hari anda. Mewarnai rambut dengan warna hitam dilarang untuk umat Islam. Saat menggunakan pewarna rambut sementara, sangat penting untuk menjaga kelembaban dan juga menghindari hujan agar pewarna tidak luntur , bagi anda yang memiliki rambut tipis dan berantakan, berhati-hatilah saat mewarnai rambut karena jika rambut anda tidak anda warnai dengan sempurna maka besar kemungkinan uban akan mengintip.

8 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi wahyono

12 komentar:

  1. sATU LAGI CARA YANG AMPUH ADALAH DENGAN CARA MENCUKUR HABIS RAMBUT YANG ANDA MILIKI

    ReplyDelete
  2. Wah keren blognya bagus., Postingannya sangat berguna dan tentunya telah bisa merebut google adsense. Selamat. Salam Kenal..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Infonya Sangat Bermanfaat. Bisa Tambah- tambah Wawasan

    ReplyDelete
  4. bukan umbannya ilang malah di rumbung semut hahahahah

    ReplyDelete
  5. pake minyak kemiri yg botolan yg ada di toko bisa gk bos??jd gk prlu sangrai kemiri...ribet

    ReplyDelete
  6. terimakasih tipsnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete