Tips Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Monday, May 20, 2013

Cara Menghilangkan Stress Dan Menenangkan Pikiran

Cara Menghilangkan Stress Dan Menenangkan Pikiran

Setiap orang pasti mempunyai masalah yang beragam,dari masalah kecil sampai besar sehingga membuat orang tertekan akan masalah tersebut dan membuat pikiran stress.
Meskipun masalah yang dihadapi kecil sekalipun jika masalah tersebut bertumbukan akan mengakibatkan stress juga,sehingga akan mempengaruhi aktifitas keseharian anda.

Cara Menghilangkan Stress Dan Menenangkan Pikiran


Cara Menghilangkan Stress Dan Menenangkan Pikiran - Untuk menghilangkan stress tersebut ada beberapa point yang harus anda lakukan sebagai berikut:

1.Ketahui Penyebab Stress

Pertama-tama, cobalah untuk mencari tahu apa yang paling membuat anda merasa tertekan. Kadang-kadang sumber-sumber luar seperti lingkungan kerja, beban pikiran terlalu banyak atau masalah pasangan dan keluarga yang jadi sebab utama
atau jangan-jangan sumbernya pikiran Anda sendiri, kekhawatiran, emosi tidak stabil bisa memicu kondiisi stres


2.Belajarlah untuk berkata tidak dalam kehidupan
Sangat sulit rasanya untuk mengatakan 'tidak' dalam kehidupan pribadi atau profesional karena Anda berpikir bahwa dengan menolak, orang lain pasti akan merasa jengkel. Bersikap tegas ,Fokus pada tujuan Anda sendiri dan berani mengatakan tidak kepada mereka justru memberikan Anda ketenangan, ini tentu mencegah Anda terbawa pikiran stres daripada terpaksa berkata Iya sementara anda tak mampu menuanikannya, ujung-ujungya dapat menyebabkan stres.

3.Jangan Kedepankan Emosi

Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tanbah rumit.

4.Butuh Waktu Untuk Diri Sendiri

Cobalah untuk bersantai . Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga  Anda, membaca buku atau menonton film favorit,  bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman , akan  benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

5.Bergaul dengan orang-orang positif
Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

6.Mendengarkan Musik
Musik bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano ketika Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba.

7.Cukup tidur
Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.

8.Tertawa
Dikatakan bahwa tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.

9.Bicara dengan teman
Saat ini tampaknya mengirim pesan singkat atau menggunakan aplikasi chatting adalah hal yang biasa dilakukan untuk ngobrol. Tapi cobalah untuk menelepon teman Anda. Berbicara dengan orang yang Anda sayangi bisa membantu tubuh memberikan respon positif.

10.Lakukan yoga
Ketika Anda merasa lelah dengan semua masalah di kantor maupun di rumah, luangkan waktu barang lima menit saja untuk melakukan pose 'membuka hati'. Terdapat beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian pundak dan dada untuk melepaskan beban fisik dan mental. Postur ini bisa membantu melepaskan tekanan emosional serta menghilangkan efek negatif karena duduk terlalu lama.

11.Cari hal yang positif di sekitar kita.
Jangan terpaku pada kelemahan kita. Kumpulkanlah hal - hal yang positif dari diri kita dan berbahagialah dengan kelebihan kita tersebut.

12.Tertawa
Untuk mencegah dan meringankan stres, kita perlu mempertahankan selera humor kita, termasuk bisa menertawai diri sendiri. Kita bisa berbagi cerita lucu dengan teman - teman untuk menghibur diri.

Adakah hal lain yang biasa anda lakukan untuk menghilangkan stress?
silahkan berbagi dengan share di komentar.



Cara Menghilangkan Stress Dan Menenangkan Pikiran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Budi wahyono

18 komentar:

  1. Kalau cara saya menghilangkan stress yaitu dengan secangkir teh hangat,es krim, coklat dan semua yang rasanya manis...

    ReplyDelete
  2. ''Tertawa'' kok ada dua??
    Tp makasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. kalau aku biasa menghilangkan stres, keluar mencari keramaian orang-orang, melihat pemandangan, atau bahkan hanya berdiri di pinggir jalan melihat kendaraan lalu lalang.

    cara itu membuat kita tidak merasa sendiri dan kesepian atau terfokus pada masalah yang di hadapi.

    ReplyDelete
  4. makasih atas saranya ..boz bisa tak coba..

    ReplyDelete
  5. said....
    tpi itu semua hanya untuk sejenak, tpi ketika kita sudah melakukan semuanya pasti esok harinya atau sedang sendirian pasti terpikir lagi masalah yang sedang kita hadapi,,,,

    ReplyDelete
  6. Cari suasana berbeda yang bisa memberikan hawa sejuk, tidak riuk dan irama alam yang bersahutan sayu., ya contohnya gunung :D

    ReplyDelete
  7. lo sya ga perlu smua it..... ckup dgn setiap buln sya dapat uang 10 jt, lgsg hilang stres sya sekejap. bner ga..........

    ReplyDelete
  8. mungkin kalo masalahnya diberesin dan ditambah dngn saran diatas bakal enteng skali ni hidup..

    ReplyDelete
  9. terimakasih atas infonya gan,,,saran diatas sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  10. hmm kalo saya , tiap ada tugas sekolah, 1 atau 2 langsung ane kepikiran seolah2 banyak pikiran padahal itu masalha sepele anyway thanks tips nya

    ReplyDelete
  11. Makasih atas infonya., tapi yaa gini kepikiran skripsi..

    ReplyDelete
  12. aku tidak perna bisa mengendalikan stres sya kebanyakan emosional , gmna caranya yaaa

    ReplyDelete
  13. kalo saya menghilangkan streess ckup simple , hanya dg berdzikir baca quran dan rajin olahraga . ship.
    thanks jg info nya :)

    ReplyDelete
  14. Wah,.,.,MANTAP Nih tipsnya,
    By : www.rajatutorial.com

    ReplyDelete